} -->

22

Jumat, 22 Juli 2011

Membuat Banner Flash Dengan FlashVortex

Suatu banner, bisa diekivalenkan sebagai bunga di taman, artinya selain berfungsi menjadi tempat menempatkan informasi, juga menjadi penghias suatu halaman web. Karena itu, selain dibuat dengan tulisan dan gambar yang menarik, untuk dapat semakin memanjakan mata pengunjungnya sekarang kebanyakan banner dibuat secara dinamis. Banner seperti ini disebut banner flash karena ditampilkan bagaikan “movie” dimana baik gambar atau tulisan dibuat bergerak-gerak, berkedip-kedip, berputar-putar, dan sebagainya. Contohnya seperti banner yang saya tampilkan di atas.

Wah, rasanya pasti tidak mudah membuat banner seperti itu. Ya, tentu saja ! terutama jika anda ingin membuatnya dari “nol”. Anda harus mempunyai keahlian mendisain gambar dan memadukan dengan informasi yang ingin dikemas dalam banner tersebut …… yup ! paling tidak anda harus menguasai photoshop, corel draw atau image editor lainnya plus script-script yang mungkin diperlukan baik html, php, javascript, atau lainnya.
Tunggu dulu, bagi anda yang masih baru di dunia website, belum siap dengan semua hal tersebut tapi tetap ingin menghiasi websitenya dengan banner flash ,ada caranya koq….. ikuti saja tip saya berikut ini.
Saya membuat banner tersebut tanpa perlu menggunakan image editor atau program-program rumit, lho ! Instan dan saya lakukan hanya dalam hitungan waktu kira-kira 5 menit saja dan cling …. banner flash saya pun siap. Koq bisa ? Ya, tentu bisa, tip-nya adalah gunakan generator banner.
Saat ini sudah banyak situs-situs yang menyediakan generator banner, baik yang berbayar (premium) mau pun yang free of charge alias gratis. Berikut saya contohkan bagaimana membuat banner flash di atas dengan menggunakan generator banner dari FLASHVORTEX. Langsung saja anda ikuti langkah-langkahnya yang saya lengkapi dengan screen shot sebagai berikut :
1. Silahkan masuk ke situs FLASHVORTEX di www.flashvortex.com
2. Pada halaman muka (home page) situs tersebut, lihat screen shot di bawah, anda pilih atau klik bar navigasi “Banners”.

3. Nah, selanjutnya akan muncul halaman web yang menampilkan model-model template banner yang anda dapat gunakan secara gratis. Anda tinggal pilih salah satu dengan cara meng-klik tulisan CLICK HERE TO EDIT THIS yang terletak di bawah template banner bersangkutan. Sebagai contoh, untuk penjelasan ini saya memilih generator: Butterfly.

4. Setelah dipilih, akan muncul halaman web berikut :

Halaman ini akan memunculkan 4 kotak teks tempat anda menuliskan pesan atau informasi yang ingin ditampilkan pada banner flash. Anda juga bisa mengatur warna dan ukuran teks yang ingin ditampilkan sesuai keinginan.
5. Untuk contoh banner flash di atas, pada kotak teks baris pertama; tulisan yang ada saya hapus dan ganti dengan tulisan BERBAGI ILMU.

Warna teks (font) saya set ke #FFFFFF (warna putih). Kode hex dari warna teks ini dapat diedit atau diubah-ubah dengan cara meng-klik kotak “Text Color”, nanti akan muncul window gradasi warna. Geser kursor ke warna yang anda ingini untuk teks anda, kemudian Klik di warna tersebut, nanti kode hex akan berubah dengan sendirinya mewakili warna teks yang barusan anda pilh.
Untuk mengatur ukuran teks, silahkan edit angka yang tertera pada kotak “Text Size”. Sebagai contoh, saya memilih “32”.
6. Dengan cara yang sama, saya mengedit teks baris kedua dengan tulisan DESAIN WEBSITE, warna “kuning” (#F1ED0B), dan ukuran “32”.

7. Selanjutnya, baris ketiga.

8. Dan terakhir, baris keempat.

9. Langkah berikutnya, jika anda merasa perlu untuk melakukan setting lebih lanjut, anda dapat mengisi dan mengedit-nya pada “General Settings”.

Jika banner anda digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke suatu link tertentu jika di-klik, isikanlah URL link yang anda maksud. Sebagai contoh saya isikan http://www.web4profit.com.
Jika anda member berbayar (premium) dari FlashVortex, anda dapat melakukan pengeditan warna gambar dan background template banner , jenis font yang digunakan, dan kecepatan animasi. Untuk non-member, setting-nya sesuai dengan template yang sudah diberikan apa adanya, jadi setting-an baris berikutnya bisa diabaikan.
10. Selanjutnya, langsung saja klik tombol “Generate Animation” untuk membuat kode animasi dari banner kita sesuai setting yang telah dilakukan pada langkah-langkah sebelumnya.

11. Halaman web yang muncul setelah tombol “generate Animation” di klik adalah :

Di sini anda diminta untuk memilih jenis instalasi banner flash yang telah dibuat ke website anda, yaitu dengan cara EASY atau ADVANCED.
Sebagai contoh, saya pilih cara “Easy”. Jadi saya copy code script yang sudah di “generate” oleh generator banner FLASHVORTEX ini, kemudian saya paste ke website web4profit ......... SELESAI deh   !!!! )
Nah, bagaimana menurut anda ? Mudah dan cepat khan ! Hasilnya, lihat banner flash di atas. Selanjutnya, silahkan anda ulangi sendiri langkah-langkah yang sudah saya jelaskan dengan menggunakan pilihan template banner yang lain, selamat mencoba !!

dikutip dari http://www.web4profit.com/tip_trik/desain_website/banner-flash.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar